tag:blogger.com,1999:blog-51936905862472878762024-03-23T03:15:02.255-07:00Arwiesmart Blog'sMateri Pelajaran dan Soal SD, SMP dan SMAArwiesmarthttp://www.blogger.com/profile/02257697525836133093noreply@blogger.comBlogger214125tag:blogger.com,1999:blog-5193690586247287876.post-44426062927075721992013-02-24T07:34:00.000-08:002013-02-24T07:34:04.705-08:00Type Jaringan Komputer
Type Jaringan Komputer materi ini terdapat di modul teknik komputer jaringan yang mem bahas masalah jaringan
komputer. materi ini juga terkait erat dengan sistem operasi jaringan.
Ada dua type jaringan, yaitu client-server dan type jaringan peer to
peer.
a) Jaringan Client-Server
Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer
lain di dalam jaringan dan client Arwiesmarthttp://www.blogger.com/profile/02257697525836133093noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5193690586247287876.post-59185363030107964872013-02-24T07:19:00.001-08:002013-02-24T07:19:14.159-08:00Menginstalasi PC
Menginstalasi PC merupakan modul teori dan atau praktikum yang membahas
tentang cara menentukan spesifikasi komputer, merakit/menginstalasi
komponen dan peralatan komputer, pengesetan peralatan dan
pengujian komputer PC dan peralatannya.
Modul teknik komputer jaringan ini terdiri dari 5 (lima) kegiatan
belajar, yaitu pemilihan komponen dan spesifikasi komputer, cara
menginstalasi komponenArwiesmarthttp://www.blogger.com/profile/02257697525836133093noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5193690586247287876.post-37519062687892250172013-02-24T07:13:00.000-08:002013-02-24T07:13:52.945-08:00Modul TKJ - Teknik Komputer Jaringan
Modul TKJ - teknik komputer jaringan adalah modul yang di
khususkan untuk mendukung proses belajar mengajar siswa di tingkat
sekolah menengah kejuruan teknik komputer jaringan (SMK TKJ). Pada modul
TKJ ini terdapat materi pokok yang mempelajari dasar awal hardware
maupun software komputer serta jaringan komputer. Jaringan komputer yang
meliputi LAN, MAN dan WAN juga di pelajari oleh siswa Arwiesmarthttp://www.blogger.com/profile/02257697525836133093noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5193690586247287876.post-85687091472413359962012-12-17T05:40:00.000-08:002012-12-17T05:40:12.763-08:007 Cara Yang Sering Digunakan Pada Pengolahan Data Tanggal di Microsoft Excel
Dengan menggunakan Microsoft Excel, semua pekerjaan yang berhubungan
dengan pengolahan data bisa kita lakukan dengan cepat dan mudah.
Salah satunya adalah dengan menggunakan program Microsoft Excel untuk pengolahan Data Tanggal,
misalnya mencari nama hari, mengganti format tanggal, memisahkan hari,
bulan dan tahun, dan masih banyak lagi bentuk pengolahan data lainnya.
Data Tanggal dikenal Arwiesmarthttp://www.blogger.com/profile/02257697525836133093noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5193690586247287876.post-81856494930122482032012-11-08T07:52:00.000-08:002012-11-08T07:52:02.970-08:00Penerapan Cells Absolute Microsoft Excel 2003
Cells Absolute adalah cells yang sudah diikat dalam sebuah rumus formula
sebagai konstanta. Artinya cells tersebut dapat terus dipakai untuk
rumus formula pada cells lain yang menggunakan teknik Fill Handle. Untuk
lebih jelasnya perhatikan contoh berikut :
Perhatikan tabel diatas pada kolom Rp. untuk No. 1 diatas akan kita isi
dengan rumus :
Rp.=Nilai Dolar x Unit x Harga ($)
9500 xArwiesmarthttp://www.blogger.com/profile/02257697525836133093noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5193690586247287876.post-79702615404821799432012-11-08T07:51:00.002-08:002012-11-08T07:51:05.987-08:00Penerapan Fungsi VLOOKUP Microsoft Excel 2003
Fungsi VLOOKUP adalah fungsi yang digunakan untuk mengisi data pada
cells dengan cara mengambil data pada cells lain yang sudah ada secara
vertikal berdasarkan kriteria yang terdapat pada tabel induk. Rumus
fungsi VLOOKUP adalah :
Untuk lebih jelasnya cobalah buat tabel seperti gambar dibawah ini.
Setelah membuat tabel diatas ikuti langkah-langkah berikut :
Bloklah A13 Sampai Arwiesmarthttp://www.blogger.com/profile/02257697525836133093noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5193690586247287876.post-6936313714197486152012-11-08T07:50:00.001-08:002012-11-08T07:50:21.212-08:00Penerapan Fungsi CountIF Microsoft Excel 2003
Fungsi CountIf adalah pengembangan dari fungsi Count di Microsoft Excel
2003, dimana fungsi Count berguna untuk menghitung banyaknya data dalam
suatu rang tertentu, sedangkan CountIf berguna untuk menghitung
banyaknya data dalam suatu range tertentu dengan kriteria tertentu.
Rumus umum fungsi CountIF adalah :
Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut :
Buatlah tabel seperti Arwiesmarthttp://www.blogger.com/profile/02257697525836133093noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5193690586247287876.post-53670562401311667312012-11-08T07:49:00.003-08:002012-11-08T07:49:27.555-08:00Perhitungan Persen Microsoft Excel
Kali ini kita akan menerapkan bagaimana menghitung persen di Microsoft
Excel. Serta menambahkan lambang persen secara otomatis.
Untuk lebih memahaminnya ikuti langkah-langkah dibawah ini :
Buatlah tabel seperti pada gambar dibawah ini terlebih dahulu
Secara umum perhitungan diskon sebuah harga barang adalah sebagai
berikut :
=(Diskon/100) * Harga Barang
contoh baju dengan harga Rp. 9000 Arwiesmarthttp://www.blogger.com/profile/02257697525836133093noreply@blogger.com2tag:blogger.com,1999:blog-5193690586247287876.post-88755471752841720782012-11-08T07:48:00.001-08:002012-11-08T07:48:34.682-08:00Membuat Cells Tidak Bergerak Freeze Panes Microsoft Excel 2003/2007
Saat anda bekerja dengan Microsoft Excel dengan membuat tabel yang sudah
terlalu panjang kekanan dan kebawah, anda menginginkan Header Tabel
yang berada diatas atau disebelah kanan tetap terlihat saat kita mengisi
data hingga jauh kebawah atau kekanan. Hal tersebut dapat dilakukan
dengan menggunakan Freeze Panes Microsoft Excel. Untuk itu ikutilah
contoh berikut :
Buka dokumen Microsoft Arwiesmarthttp://www.blogger.com/profile/02257697525836133093noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5193690586247287876.post-508515360685520752012-11-08T07:47:00.001-08:002012-11-08T07:47:21.905-08:00Menghilangkan atau Menampilkan Tab Sheet Microsoft Excel 2003
Lihat gambar diatas, gambar tersebut adalah tampilan dari tab sheet
Microsoft Excel 2003. Secara default tabs sheet Microsoft Excel terdiri
dari tiga tab sheet (Sheet 1, Sheet 2, Sheet3). Berikut ini
adalah cara menghilangkan tampilan tab sheet tersebut :
Klik menu Tools > Options
Muncul Jendela Options, Klik Tab View. Check List opsi Sheet tabs
untuk menampilkan tabs sheet atau Arwiesmarthttp://www.blogger.com/profile/02257697525836133093noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5193690586247287876.post-79538506139115152392012-11-08T07:46:00.001-08:002012-11-08T07:46:23.283-08:00Menu Format Cells Tidak Berfungsi [Disabled] Microsoft Excel 2003
Pernahkah anda mengalami keadaan menu format cells di disabled seperti
gambar diatas? Jika pernah jangan bingung, karena tidak bisa merubah
data format pada cells tersebut. Ada cara untuk merubah format data pada
cells yang menu format datanya di disabled. Untuk itu ikuti
langkah-langkah berikut :
Buat Sheet Baru dalam WorkBook anda, dalam contoh ini sheet 1 adalah
sheet baru yang Arwiesmarthttp://www.blogger.com/profile/02257697525836133093noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5193690586247287876.post-82197612356450206132012-11-08T07:45:00.003-08:002012-11-08T07:45:31.573-08:00Cara Cepat Copy Data Cell Diatas Ke Cell Dibawahnya Microsoft Excel
Pada gambar diatas terdapat data pada cell B2 yang akan di copy kan ke
cell dibawahnya yaitu B3, untuk melakukan hal tersebut dengan cepat kita
dapat menggunakan kombinasi tombol Keyboard :
Ctrl + Shift + "
Arwiesmarthttp://www.blogger.com/profile/02257697525836133093noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5193690586247287876.post-52581835550300692432012-11-08T07:44:00.001-08:002012-11-08T07:44:34.023-08:00Mengganti Karakter Tertentu dalam Microsoft Excel
Kita dapat mengganti karakter tertentu yang terdapat dalam cell
Microsoft Excel, contoh dalam suatu cell terdapat data : 01-064-120-9,
kemudia data tersebut akan kita ganti karakter "-" menjadi karakter "/".
Kita dapat mengubahnya menggunakan fungsi SUBSTITUTE Microsoft Excel.
Rumus umum Fungsi SUBSTITUTE adalah :
Untuk lebih jelasnya ikuti langkah berikut :
Buatlah data seperti Arwiesmarthttp://www.blogger.com/profile/02257697525836133093noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5193690586247287876.post-37189746904568535792012-11-08T07:43:00.003-08:002012-11-08T07:43:25.182-08:00Membuat Kolom Tanda Tangan Daftar Hadir Microsoft Excel
Untuk yang biasa bekerja di kantor pasti sering berjumpa dengan form
daftar hadir yang berisi tanda tangan banyak karyawan. Bagaimana membuat
tempat tanda tangan sesuai dengan nomor urut pada tabel dengan cepat ?
Contoh berikut akan memberi penjelasan :
Buatlah tabel seperti pada gambar dibawah ini.
Kemudian ketik masing-masing rumus dibawah ini :
Pada cell C5 : =A5 & ". .........Arwiesmarthttp://www.blogger.com/profile/02257697525836133093noreply@blogger.com1tag:blogger.com,1999:blog-5193690586247287876.post-43520274693749932822012-11-08T07:41:00.004-08:002012-11-08T07:41:58.821-08:00Merubah Perpindahan Cell Setelah Penekanan Enter Microsoft Excel
Secara default di Microsoft Excel jika kita menekan tombol enter setelah
mengisi data pada cell maka pointer akan berpindah ke bawah cell. Namun
kita dapat merubah perpindahan pointer pada cell tersebut sesuai arah
yang kita inginkan seperti ke bawah, atas, kanan atau kiri. Caranya
sebagai berikut :
Pada Microsoft Excel 2003
Klik menu Tools-Options
Pada jendela Options klik tab Edit
Arwiesmarthttp://www.blogger.com/profile/02257697525836133093noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5193690586247287876.post-27342200093444721382012-11-08T07:41:00.000-08:002012-11-08T07:41:03.944-08:00Merubah atau Menghapus Nama Data Range Microsoft Excel
bagaimana seandainya kita ingin merubah nama tersebut, atau menghapusnya
?. Caranya mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut :
B
Klik menu Insert-Name-Define
Kemudian akan muncul jendela Define Name:
Jika ingin merubah nama data range, klik nama data range yang telah
kita buat lalu klik tombol delete untuk menghapusnya. Selanjutnya anda
buat kembali nama data range yang baru.
Jika anda Arwiesmarthttp://www.blogger.com/profile/02257697525836133093noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5193690586247287876.post-11811231900113513352012-11-08T07:39:00.002-08:002012-11-08T07:39:16.283-08:00Penggunaan Fungsi LEFT didalam IF
contoh penggunaan Fungsi Left didalam fungsi IF maka akan saya berikan
contoh sederhananya. Dalam contoh ini terdapat dua kolom dalam tabel,
yaitu kolom Kode dan kolom Hasil. Dimana untuk mengisi Kode mempunyai
ketentuan angka awal harus angka 1, jika tidak diawali dengan angka 1
maka kolom hasil akan memberikan pesan bahwa penulisan kode salah. Namun
jika penulisan benar maka kolom hasil Arwiesmarthttp://www.blogger.com/profile/02257697525836133093noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5193690586247287876.post-30670967546295809062012-11-08T07:38:00.000-08:002012-11-08T07:38:01.948-08:00Membuat Drop Down List Pada Cell di Microsoft Excel
Dalam Microsoft Excel diberikan kemudahan dalam meng-entry data dalam
cell, contoh anda ingin meng-entry data kedalam cell B1 pada sheet 2
yang datanya berasal dari Sheet 1, data yang berasal dari sheet 1 akan
otomatis muncul pada cell B1 sheet2 saat kita klik drop down list nya
(lihat gambar).
Perhatikan berikut :
Jalankan Microsoft Excel dengan lembar kerja baru
Buatlah tabel Arwiesmarthttp://www.blogger.com/profile/02257697525836133093noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5193690586247287876.post-64558551174748470802012-11-08T07:35:00.003-08:002012-11-08T07:35:47.882-08:00Kegunaan Tombol F2, F4, dan F9 Microsoft Excel
Tombol-tombol cepat keyboard memang biasa di tambahkan dalam sebuah
aplikasi agar mempermudah dan mempercepat penggunaan sebuah aplikasi.
Ada beberapa tombol dalam Microsoft Excel yang paling sering digunakan
dalam proses kerja Microsoft Excel, antara lain :
Tombol F2Tombol F2 berguna sebagai posisi editing sebuah cell.
Sebelum penekanan
F2
Setelah penekanan
F2 di Cell C2
Tombol Arwiesmarthttp://www.blogger.com/profile/02257697525836133093noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5193690586247287876.post-53215523311767303462012-11-08T07:34:00.004-08:002012-11-08T07:34:47.046-08:00Menambahkan atau Menggabungkan Karakter Teks Pada Microsoft Excel
Di Microsoft Excel kita dapat menambahkan karakter teks untuk hasil dari
suatu fungsi atau cell. Contoh, pada cell A2 terdapat nilai 1000,
kemudian akan kita tambahkan karakter teks "Rp." dan hasilnya akan
diletakkan di Cell B2. Perhatikan gambar berikut :
Menggunakan
karakter & Microsoft Excel
Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara menggunakan karakter "&"
untuk menambahkan Arwiesmarthttp://www.blogger.com/profile/02257697525836133093noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5193690586247287876.post-22643847520838245082012-11-08T07:34:00.000-08:002012-11-08T07:34:00.928-08:00Menggunakan Subtotal Di Microsoft Excel
Subtotal adalah perintah yang digunakan untuk melakukan perhitungan
beberapa data dalam suatu range yang referensinya sama. Contoh
perhatikan tabel dibawah ini :
Pada tabel diatas terlihat bahwa terdapat data referensi yang sama yaitu
tanggal transaksi, tanggal transaksi bisa dijadikan sebagai referensi
pembuatan subtotal hasil penjualan berdasarkan tanggal transaksi. Untuk
lebih jelasnyaArwiesmarthttp://www.blogger.com/profile/02257697525836133093noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5193690586247287876.post-71843229957832537732012-11-08T07:33:00.001-08:002012-11-08T07:33:18.023-08:00Fungsi SUMIF Microsoft Excel
Fungsi SUMIF adalah fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan data dalam
suatu list atau data range dengan menggunakan kriteria tertentu. Contoh,
perhatikan gambar tabel dibawah ini :
Tabel diatas adalah tabel Data order para sales dan total penjualannya,
dalam hal ini kita akan menjumlahkan total penjualan hanya yang ordernya
lebih dari 25 saja menggunakan rumus fungsi SUMIF. Rumus umum Arwiesmarthttp://www.blogger.com/profile/02257697525836133093noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5193690586247287876.post-77980976861318619502012-11-08T07:32:00.001-08:002012-11-08T07:32:11.729-08:00Ascending Dan Descending Untuk Menentukan Peringkat Kelas
bagaimana menentukan Ranking 10 besar dari beberapa siswa tanpa
menggunakan Fungsi Rank , saya akan mencoba memberikan contoh
menentukan Peringkat Siswa menggunakan teknik mengurutkan data Sort
Ascending dan Descending.
Sort Ascending Sort Ascending adalah teknik mengurutkan data
dari yang terkecil sampai dengan yang terbesar (jika dengan huruf dari a
- z)
Sort Descending Sort Descending Arwiesmarthttp://www.blogger.com/profile/02257697525836133093noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5193690586247287876.post-15444874229906214702012-11-08T07:30:00.002-08:002012-11-08T07:30:49.196-08:00Melipat Kolom Microsoft Excel [Split]
ika dokumen worksheet telah memiliki banyak data sehingga melebar kearah
kanan dan sulit untuk melihat lagi kolom pertama, yang perlu kita
lakukan adalah melipat kolom yang lain agar bisa tetap melihat daerah
kolom awal. Teknik seperti ini sama dengan Freeze Panes pada baris Microsoft Excel yang
terdapat pada materi sebelumnya. Tetapi kali ini kita tidak akan
menggunakan teknik Freeze PanesArwiesmarthttp://www.blogger.com/profile/02257697525836133093noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-5193690586247287876.post-63689413167792869372012-11-08T07:29:00.003-08:002012-11-08T07:29:37.050-08:00Mengganti Karakter Tertentu Menggunakan Fungsi Replace Microsoft Excel
Fungsi Replace adalah fungsi yang digunakan untuk menggantikan suatu
karakter atau beberapa karakter yang terdapat dalam cell. Contoh anda
memiliki banyak data teks berupa angka yang menggunakan tanda titik
sebagai pemisah desimalnya (8.04) dan akan menggantikan titik tersebut
dengan koma. Jika anda melakukannya secara manual maka butuh waktu
berjam-jam melakukannya. Untuk itu kita dapat Arwiesmarthttp://www.blogger.com/profile/02257697525836133093noreply@blogger.com0