Wednesday, September 5, 2012

Membuat Kwitansi Menggunakan Microsoft Word

Dalam aktivitas sehari-hari, kadang kita membutuhkan kuitansi sebagai alat pembayaran. Kwitansi ini dipergunakan sebagai bukti pembayaran yang dapat dipertanggungjawabkan. Kwitansi tersebut bisa kita peroleh dengan membeli di toko atau toko photo copy dan alat tulis.
Namun, jika kwitansi yang kita beli ternyata tidak ada padahal kita membutuhkan cepat. Maka apa salahnya jika kita membuatnya dengan cara sederhana. Toh hal ini sama kuatnya (sah) dengan kuitansi yang tersebar secara umum.

Lihatlah bagaimana pentingnya sebuah kwitansi. Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz ditanya : Saya menikah dengan seorang perempuan yang bekerja sebagai guru, yang setiap bulan mendapat gaji. Dan sayapun seorang pegawai yang juga setiap bulan mendapat gaji. Saya sering mengambil uang gajinya untuk keperluan bersama misalnya untuk memperbaiki rumah dan lain-lain, dan hal itu saya lakukan berdasarkan kerelaan dia. Dan saya tidak memberikan bukti tertulis (kwitansi) terhadap penggunaan uang tersebut, sementara dia juga tidak memintanya (menanyakannya). Bagaimana hukum perbuatan saya tersebut ?

Jawaban beliau :
Anda boleh mengambil uang gaji istri anda, asalkan hal itu berdasarkan kerelaannya, dan istri anda bukan seorang yang tidak punya pilihan. Begitu juga, segala bantuan yang dia berikan kepada anda boleh anda terima, apabila hal itu betul-betul berdasarkan kerelaannya. Hal ini berdasarkan firman Allah Subhanahu Wa Ta'ala .

وَآتُوا النِّسَاءَ صَدُقَاتِهِنَّ نِحْلَةً فَإِنْ طِبْنَ لَكُمْ عَنْ شَيْءٍ مِنْهُ نَفْسًا فَكُلُوهُ هَنِيئًا مَرِيئًا

“Artinya : Jika istrimu berbuat baik kepadamu (memberikan sebagian mas kawin tersebut kepadamu), maka terimalah dan makanlah dengan senang hati” (QS. An-Nisaa : 4)

Akan tetapi jika istri anda memberikan surat bukti tentang pemberian tersebut, maka hal itu lebih baik dan lebih berhati-hati, terutama apabila anda khawatir dikemudian hari ada tuntutan dari pihak keluarga atau kerabatnya atau dikhawatirkan dia mengambil kembali pemberian tersebut. Dan Allah Subhanahu Wa Ta'ala Maha Penolong.

Untuk membuat kwitansi kita menggunakan program yang umum saja, yakni Microsoft Word. Sebenarnya membuat kuitansi dengan menggunakan Microsoft Word terserah dari pembaca, namun disini penulis hanya memberikan contoh yang ‘sedikit mirip’ dengan kuitansi yang beredar.

Dalam tulisan kali ini, penulis mencoba memberikan langkah-langkah yang diperlukan untuk membuatnya. Pembaca boleh melewati jika hal ini sudah dikuasai.

Pertama; Aturlah margin dan ukuran kertas yang akan dibuat. Jika ingin sama seperti kwitansi yang ada di toko, maka atur sesuai ukuran. Namun jika menginginkan dengan kertas standar (F4 atau A4) supaya lebih mudah. Maka aturlah sesuai ukurannya.

Kedua; Berilah bingkai pada kertas menggunakan Borders and Shading. Jika menggunakan Microsoft Office 2003, klik Format → Borders and Shading. Jika menggunakan Microsoft Office 2007/ 2010, klik Page Borders di tab Page Layout.

Ketiga; Pilihlah jenis border dan ukuran yang sesuai. Pilih jenis border yang sedikit mendekati bingkai pada kuitansi asli dan aturlah ukuran supaya sesuai. Pengaturan jenis bingkai dan ukuran seperti pada gambar berikut :


Keempat; Tulislah teks seperti nomor, telah terima dari, dll. Aturlah jenis huruf dan ukurannya. Dalam hal kami menggunakan jenis huruf Brush Script MT 15 pt. Atur juga tabulasi yang ada.

Kelima; Buatlah sebuah objek untuk diletakkan di sebelah kanan teks. Objek ini nantinya diberi isi berupa Pattern. Untuk memberi pattern, caranya klik kanan objek, pilih Format Autoshape/ Properties. Pada tab Colors and Lines, klik tombol Fill Effect. Pilih corak yang sesuai pada tab Pattern.

Silahkan download contohnya disini.



Related Article to Membuat Kwitansi Menggunakan Microsoft Word :



Enter your email address below to receive updates each time we publish new content :
  
Privacy guaranteed. We'll never share your info.
free counters

0 komentar:

Terimakasih telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel Membuat Kwitansi Menggunakan Microsoft Word .
Semoga Informasi ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Silahkan meninggalkan komentar artikel Membuat Kwitansi Menggunakan Microsoft Word
Salam Hormat.
Arwiesmart Blog's

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani




Artikel Ter_Gress