Kali ini kita akan menerapkan bagaimana menghitung persen di Microsoft
Excel. Serta menambahkan lambang persen secara otomatis.
Untuk lebih memahaminnya ikuti langkah-langkah dibawah ini :
Untuk lebih memahaminnya ikuti langkah-langkah dibawah ini :
- Buatlah tabel seperti pada gambar dibawah ini terlebih dahulu
- Secara umum perhitungan diskon sebuah harga barang adalah sebagai
berikut :
=(Diskon/100) * Harga Barang
contoh baju dengan harga Rp. 9000 mendapat diskon 20 % maka jumlah diskon yang diterima adalah :
=(20/100) * 9000 =1800
pada contoh kali ini yang akan kita cari adalah jumlah persen dari diskon yang telah diterima. Berdasarkan rumus sebelumnya maka didapat :% =(Diskon diterima/Harga Barang) * 100Rumus diatas adalah rumus Matematikanya, untuk rumus Microsoft Excel tidak perlu lagi dikali dengan 100, hanya cukup membagi diskon diterima dan harga barang kemudian gunakan menu icon percent style.Percent Style akan mengalikan suatu bilangan dengan seratus kemudian memberi akhiran %. - Kita lanjutkan dengan tabel yang sudah kita buat diatas :
2 komentar:
Terimakasih yah, sharenya. masih newbie nih soal. excel :)
thanks very much.
numpang copas jg yee.. wassalam
Semoga Informasi ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan. Silahkan meninggalkan komentar artikel Perhitungan Persen Microsoft Excel
Salam Hormat.
Arwiesmart Blog's